DOMINO ONLINE

PERBEDAAN MADU LEBAH TERNAK DENGAN MADU LEBAH HUTAN


JELAJAH TERKINI - Anda suka mengonsumsi madu? Madu mana yang kita konsumsi? Madu ternak atau madu hutan? Tahukah teknik membedakan antara madu ternak dan madu hutan? Jangan khawatir, inilah kami berikan perbedaan kedua madu tersebut.

Manager Divisi Madu dari Dian Niaga Jakarta, Theophilla Arispraptami, menyatakan madu terdapat dua jenis, yakni madu hutan dan madu ternak. Madu yang didapatkan dari lebah yang terdapat di hutan seringkali disebut madu hutan. Sedangkan madu yang didapatkan dari lebah yang diternakkan dikenal dengan madu ternak.

Perbedaan kesatu terdapat pada jenis lebah. Bagi madu hutan, didapatkan oleh jenis lebah apis dorsata. Apis dorsata adalah lebah terbesar yang berukuran selama satu sentimer hingga 2,5 sentimeter. Lebah hutan ini adalah lebah madu Asia yang sangat produktif menghasilkan madu. Spesies ini berkembang melulu dikawasan sub-tropis dan tropis Asia, laksana Indonesia, Philipina, India, dan Nepal. Lebah ini tidak ada diluar Asia.

“Indonesia mempunyai jenis lebah apis dorsata sangat banyak. Seluruh provinsi punya, ada selama 80 persen,” jelasnya untuk JELAJAH TERKINI, pada acara Festival Lokal guna Lokal, di Tangerang, Banten, Ahad (6/3).

Sedangkan lebah ternak, ialah lebah apis cerana dan apis melifera. Kedua lebah ini menurut keterangan dari dia, diimpor dari dari luar negeri.

Lebah madu hutan, lanjutnya, memungut nektar dari sekian banyak  macam jenis pohon di hutan (multiflora). Sedangkan lebah ternak dari satu jenis pohon utama (uni flora) tergantung dari musim buah atau bunga. “Kalau madu hutan rasanya susah ditebak, bila madu ternak gampang ditebak,” jelasnya wanita yang akrab disapa Tami ini.

Madu hutan, menurut keterangan dari Tami, adalah produk organik sebab dipanen langsung dari hutan. Sedang madu ternak biasanya diternakan di pertanian yang bisa jadi menggunakan pupuk kimia. “Kalau madu hutan kontaminasi bahan kimianya nol. Kalau madu ternak memakai pestisida guna perkebunannya, jadi bisa jadi terkena zat kimia tersebut ada,” ungkap Tami yang pun menjadi staf marketing dan buatan dari Jaringan Madu Hutan Indonesia (JMHI).

Selain tersebut lebah hutan melulu mengambil makanan langsung dari alam sementara lebah ternak memiliki periode di mana mesti diberi gula sebagai sumber pakannya. Bukan melulu itu, sarang lebah hutan berupa sisiran yang menggantung di pohon, batu, gua dan lainnya. Sedang lebah ternak berada dalam kotak.

Jadi baik mana madu hutan atau madu ternak? Menurutnya dua-duanya sama bagus, asalkan pengolahan dilaksanakan secara alami dan baik. Namun madu hutan teksturnya agak lebih cair dibanding madu ternak, ini sebab kontur hutan lebih basah sampai-sampai memengaruhi madu yang didapatkan berisi lebih tidak sedikit air.

PERBEDAAN MADU LEBAH TERNAK DENGAN MADU LEBAH HUTAN PERBEDAAN MADU LEBAH TERNAK DENGAN MADU LEBAH HUTAN Reviewed by Unknown on December 14, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.