DOMINO ONLINE

4 BUKTI INI, MENJADIKAN LIONEL MESSI MASIH LEBIH HEBAT DARI PADA RONALDO


JELAJAH TERKINI - Barcelona - Tidak terdapat habisnya andai membicarakan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dua pemain yang mendominasi penghargaan Pemain Terbaik Dunia semenjak 2008 lalu. Banyak pesepak bola yang hendak menjadi laksana Messi atau Ronaldo.

Harry Kane misalnya, penyerang Tottenham Hotspur itu hendak seperti Ronaldo. Kane ingin dapat mencapai level performa laksana yang diperlihatkan oleh Ronaldo ketika ini.

Kane menyinggung Ronaldo sudah sukses memperlihatkan kualitasnya sebagai pemain sepak bola, baik saat berlaga guna Real Madrid maupun ketika berkostum Timnas Portugal. Karena itulah Ronaldo pantas meraih Ballon d'Or.

"Ronaldo memenangkan Piala Eropa dan Liga Champions. Siapa yang tak hendak memenangkan trofi besar laksana itu?"

Atau Eden Hazard yang hendak mencapai prestasi laksana Messi. Gelandang serang Timnas Belgia tersebut adalah pemain urgen Chelsea dalam sejumlah tahun terakhir.

"Messi mencetak satu, dua, tiga gol dalam masing-masing pertandingan. Itulah yang butuh dituju, untuk menjangkau prestasi laksana dia," ujar Hazard pada 2014.

Bila merundingkan Messi dan Ronaldo memang tak terdapat habisnya. Namun, terdapat empat kenyataan yang mengindikasikan Messi lebih hebat ketimbang Ronaldo.


Rasio Gol

Sepanjang berkarier sebagai pesepak bola profesional, Messi memiliki rata-rata gol sebesar 0,81 gol per pertandingan. Sedangkan Ronaldo hanya 0,70 gol.

Performa terbaik Messi terjadi pada musim 2011/12. Ketika itu dia mampu mencetak 73 gol dari 60 pertandingan di semua kompetisi. Itu artinya, La Pulga, sebutan Messi, mampu mencetak 1,19 gol per laga.




Dribel

Statistik ini diambil sejak musim 2009. Messi membuat 7,6 dribel per pertandingan. Tercatat, 4,5 di antaranya berhasil menggiring bola dengan sukses.

Sementara Ronaldo hanya mencatatkan 3,6 dribel bola, kalah jauh dari Messi. Pemain asal Portugal itu hanya melakukan dribel sukses sebanyak 1,8 kali per pertandingan.



Fleksibilitas

Ronaldo biasanya bermain di posisi sayap kanan dalam formasi 4-3-3 atau 4-3-2-1 di Real Madrid. Tapi sepanjang musim ini, dia bermain sebagai penyerang tengah.

Namun kenyataannya, perubahan posisi itu tidak berdampak baik untuk Ronaldo. Pria berusia 32 tahun itu hanya mampu mencetak satu gol dari tujuh penampilan di La Liga musim ini. Padahal, dia sudah melepaskan 48 tembakan.


Sementara Lionel Messi yang sudah tidak bermain sebagai striker tengah, sejak kedatangan Luis Suarez, berhasil menjelma sebagai winger terbaik. Sejak musim panas 2014, dia mamu mencetak 153 gol dan menyumbang 67 assist untuk Barcelona.


Assist

Ronaldo memulai kariernya sebagai pesepak bola profesional pada 2002, dua tahun lebih cepat bila dibandingkan dengan Messi. Namun, jumlah assist Messi lebih banyak dari Ronaldo.

Tercatat, Messi sudah mencetak 237 assist, 20 kali lebih banyak dari Ronaldo di semua kompetisi. Di La Liga, Messi mencetak 116 assist sejak 2004, sedangkan Ronaldo menciptakan 82 assist sejak 2009.



4 BUKTI INI, MENJADIKAN LIONEL MESSI MASIH LEBIH HEBAT DARI PADA RONALDO 4 BUKTI INI, MENJADIKAN LIONEL MESSI MASIH LEBIH HEBAT DARI PADA RONALDO Reviewed by Unknown on January 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.