DOMINO ONLINE

SEJARAH DAN ASAL USUL CANDI BOROBUDUR


HARIAN TERKINI - Sejarah Berdirinya Candi Borobudur di Indonesia

Tidak tidak sedikit orang Indonesia yang sebenarnya paham dan memahami dengan jelas laksana apa asal usul berdirinya Candi Borobudur. Orang-orang terkadang bahkan tidak inginkan tahu apa tersebut dan dari mana asalnya.

Sikap yang tidak cukup peduli dengan sejarah menjadikan anda buta bahwa sejarah adalah suatu format warisan yang diserahkan oleh nenek moyang pada masa itu.

Seperti halnya sejarah Candi Borobudur yang ketika ini mungkin melulu sebagian kecil orang yang mengetahuinya dengan baik. Lebih dari tersebut sebagian orang melulu tahu bahwa candi ini adalah tempat guna berwisata dan berlibur bareng dengan family dan kerabat.

Melihat megahnya Candi Borobudur, kita pasti pernah beranggapan dari mana asal berdirinya candi dengan relief yang menarik ini. Terlebih hanya sejumlah saja yang mau menggali tahu.

Beruntung guna Anda yang ketika ini sedang mendatangi blog ini untuk menggali tahu laksana apa asal usul berdirinya Candi Borobudur sampai ditemukan sampai kini ini.

Sekilas Tentang Candi Borobudur


Candi Borobudur adalah salah satu peninggalan sangat bersejarah yang terdapat di Indonesia. Bangunan ini adalah candi Buddha yang terletak di kabupaten Magelang, tidak cukup lebih 40km di sebelah barat laut kota Yogyakarta.

Uniknya, letak Candi Borobudur ini dikelilingi oleh sejumlah gunung yang terdapat di pulau Jawa yakni: Gunung Merbabu (yang terletak di sebalah timur), Gunung Merapi (yang terletak di sebelah barat laut), Gunung Sumbing (terletak di sebelah selatan), dan Gunung Sindoro (sebelah utara).

Keindahan dan kemegahan Candi Borobudur menjadi magnet tersendiri baik untuk para pelajar yang tertarik dengan sejarah pada reliefnya sampai sebagai lokasi rekreasi family dari semua penjuru Indonesia.

Monumen ini di bina sebagai lokasi suci agama Buddha menurut model alam semesta. Pada masa itu Candi Borobudur sering dipakai sebagai lokasi ziarah umat manusia.

Hingga kini, Borobudur masih sering dipakai sebagai lokasi ziarah umat Buddha yang masing-masing tahunnya datang dari semua pelosok Indonesia guna berkumpul merayakan hari Trisuci Waisak.

Perkiraan Asal Mula Candi Borobudur Didirikan


Untuk ketika ini, hasil dari estimasi perhitungan yang dilaksanakan oleh para berpengalaman sejarawan menuliskan bahwa Candi Borobudur didirikan selama tahun 800 masehi dengan kurun antara 760M dan 830M. Pembangunan tersebut ditebak berjalan sekitar 75 – 100 tahun lamanya.

Perkiraan tahun berdirinya Candi Borobudur diperkuat dengan bukti ditemukannya suatu tulisan singkat yang di pahatkan pada pigura pribumi relief di kaki candi (Karwa Wibhangga).

Para berpengalaman sejarahwan pun mengatakan bahwa Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha yang diketahui pada abad kejayaan wangsa Syailendra dimana Syailendra sendiri adalah wangsa Buddha.

Bukti kuat pun di temukan dengan adanya candi-candi kecil yang adalah peninggalan dari wangsa Syailendra yang menganut agama Buddha Mahayana.

Bukti-bukti itu sampai ketika ini dipakai untuk memberikan benang merah bahwa Candi Borobudur ditemukan selama tahun 800 masehi.

Tahap Pembangunan Candi Borobudur

Dari sejumlah bukti yang telah ditemukan oleh para berpengalaman berupa identifikasi serat dan sejumlah corak pigura yang dipakai dalam pembangunan candi Borobudur, dan sejumlah penemuan prasasti yang menyokong adanya campur tangan dari masa kejayaan wangsa Syailendra.

Candi Borobudur diduga dibangunan pada dalam kurun masa-masa yang lumayan lama yakni sekitar 50 tahun lamanya. Hal itu didasarkan dari sejumlah bukti yang ditemukan oleh para berpengalaman berupa identifikasi serat, corak pigura dalam pembangunan candi, serta sejumlah prasasti yang menyokong adanya campur tangan dari masa kejayaan wangsa Syailendra.
SEJARAH DAN ASAL USUL CANDI BOROBUDUR SEJARAH DAN ASAL USUL CANDI BOROBUDUR Reviewed by Unknown on December 16, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.