DOMINO ONLINE

HEBAT, DATA KTP ELEKTRONIK BISA BOCOR, DI JUAL MURAH HANYA 100 RIBU SAJA


JELAJAH TERKINI - Sebuah kebocoran sekuriti menimpa database " KTP elektronik" Aadhaar di India. Database tersebut menyimpan data individu lebih dari 1 miliar warga India. Data sekian tidak sedikit orang tersebut kabarnya dapat leluasa diakses, melulu dengan menunaikan murah, lumayan dengan 500 rupee atau selama Rp 100.000.

Itulah yang diadukan harian The Tribune, yang mengerjakan penyelidikan sesudah menerima tawaran mengakses database kependudukan Aadhaar, dari seseorang lewat grup WhatsApp.

Usai menunaikan uang dengan jumlah laksana tersebut di atas, si penjaja data yang identitasnya tidak diketahui tersebut lantas memberi ID dan password administrator Aadhaar.

Informasi login itu, masih menurut keterangan dari laporan The Tribune, ternyata valid dan dapat digunakan untuk menggali segala informasi kependudukan mengenai warga India yang tercatat di Aadhaar, dengan mengetikkan nomor identifikasi orang yang bersangkutan.

Data yang dapat diakses antara beda nama, foto, alamat e-mail, nomor telepon, dan kode pos, di samping beragam jenis data biometrik, macam sidik jari dan iris mata.

Bukan hanya itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (5/1/2018), sang kontak di WhatsApp yang mengaku mempunyai nama "Anil Kumar" tersebut turut menawarkan software guna mencetak kartu "KTP" palsu dari database Aadhaar. Software itu dipasarkan seharga 300 rupee (Rp 60.000).

Informasi login administrator database Aadhaar diperkirakan bocor lewat mantan karyawan yang pernah ditugasi guna mencetak kartu. Sebelum The Tribune, sejumlah pihak beda yang tak berhak, disinyalir telah pernah mendapat  akses ke Aadhaar.


Dibantah

Seorang pejabat dari Unique Identification Authority of India (UIDAI), badan pemerintah yang membawahi Aadhaar, menuliskan bahwa akses pihak luar terhadap database Aadhaar ialah tindakan ilegal dan mengancam ketenteraman nasional.

Tapi, UIDAI lantas membantah laporan The Tribune dan menuliskan bahwa data di dalam Aadhaar, tergolong informasi biometrik, "sepenuhnya aman".

UIDAI mengklaim bahwa The Tribune sudah menyalahgunakan mekanisme database search yang seharusnya hanya dapat digunakan oleh pejabat pemerintah.

Bharatiya Janata, partai politik pimpinan Perdana Menteri India, Narendra Modi selaku salah satu penyokong Aadhaar, ikut nimbrung dan menuding bahwa laporan The Tribune adalah berita palsu (fake news) lewat akun Twitter-nya.

Apa juga yang sebetulnya terjadi, kebocoran data Aadhaar memunculkan kekhawatiran publik di India. Terlebih, semenjak mulai digulirkan pada 2009, Aadhar sudah menjadi program "KTP elektronik" terbesar di dunia yang memuat data 1,19 miliar penduduk India.

Data kependudukan di Aadhaar berhubungan dengan sekian banyak  layanan sosial, tergolong kesehatan, subsidi makanan, nomor ponsel, sampai rekening bank. Namun, sisi sekuriti informasi di program ini tidak jarang mendapat sorotan, sebab informasi yang disimpan di anggap rawan bocor.
HEBAT, DATA KTP ELEKTRONIK BISA BOCOR, DI JUAL MURAH HANYA 100 RIBU SAJA HEBAT, DATA KTP ELEKTRONIK BISA BOCOR, DI JUAL MURAH  HANYA 100 RIBU SAJA Reviewed by Unknown on January 08, 2018 Rating: 5

2 comments:

  1. Di Jamin 100% Tidak Adanya BOT Dan ADMIN , Situs Poker Aman Dan Terpercaya Mudah Menangnya

    Dapatkan Hot Promo Kami

    * Minimal Deposit 20.000
    * Minimal Withdraw 40.000

    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    - Cashback Setiap Hari 0.5%

    Bersama http://wayangpokerblog.blogspot.co.id/

    Nikmati 4 Permainan Dalam 1 Web WAYANGPOKER

    ~ POKER
    ~ DOMINO QQ
    ~ BANDARQ
    ~ BANDAR POKER

    Untuk info lebih lanjut hubungi Customer Service kami :
    Telp : +85512804273
    BB : 2BE326CC

    ReplyDelete
  2. ROYALQQ Jalan menuju KEMENANGAN.
    PLAYER TERBAIK BERMAIN DI ROYAL QQ.

    Why ROYALQQ?
    Coz ROYALQQ lebih pasti, lebih mudah, lebih gampang, lebih mantap dan lebih bergengsi.

    ROYALQQ menyediakan 7 HOT GAMES dalam 1 ID.
    Dengan minimal Deposit RP. 15.000 anda sudah bisa bermain disemua GAMES.

    Proses DEPOSIT dan WITHDRAW cepat hanya 1 MENIT!
    BONUS TURNOVER 0.5% [DIBAGIKAN SETIAP HARI!]
    BONUS REFFERAL 20% [SEUMUR HIDUP!]

    Kami memberikan BUKTI bukan JANJI!
    Daftarkan sekarang! Main dan Buktikan sendiri...

    Contact Us :
    Call : +855 8771 3624
    BBM : 2B68D666

    ReplyDelete

Powered by Blogger.