DOMINO ONLINE

HAL - HAL YANG MEMPENGARUHI CITA RASA KOPI LUWAK


JELAJAH TERKINIBanyak teman-teman yang bertanya pada saya perihal citarasa kopi luwak yang menurut keterangan dari mereka tidak terlampau istimewa. Saya heran kenapa mereka bisa berpendapat seperti itu, sebab menurut keterangan dari saya rasa kopi luwak jelas-jelas sangat bertolak belakang dari kopi-kopi pada umumnya. Saya sempat bingung dan beranggapan bila teman-teman saya tersebut bisa berpendapat demikian sesudah mereka menyantap kopi luwak palsu, bukan kopi luwak asli laksana yang tidak jarang saya minum. Namun sesudah saya cek, mereka ternyata melakukan pembelian kopi luwak dari lokasi yang bonafit.


5 Hal yang Mempengaruhi Citarasa Kopi Luwak

Untuk menjawab keadaan bingung saya itu, saya lantas coba menggali jawaban ke semua pakar kopi yang saya kenal dan sejumlah referensi di internet. Setelah mengerjakan studi kecil-kecilan, saya akhirnya bisa menarik benang merah bahwa sedikitnya terdapat 4 urusan yang memprovokasi citarasa kopi luwak. Ke empat urusan itu antara beda jenis kopi yang dipakai sebagai bahan baku, usia luwak yang dijadikan media produksi, teknik pengolahan, teknis dan lama penyimpanan, serta kiat penyajian.


1. Jenis Kopi yang Digunakan

Salah satu hal yang memprovokasi citarasa kopi luwak ialah jenis kopi yang dipakai sebagai bahan baku. Kopi luwak arabika lazimnya lebih nikmat dan lebih mahal harganya dikomparasikan kopi luwak dari jenis robusta, sementara kopi luwak liberika sudah paling jarang sekali ditemukan sebab rasanya yang terlampau asam. 

2. Umur Luwak 
Dari sejumlah penelitian yang dilaksanakan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember diketahui bahwa usia luwak yang dipakai dalam proses buatan kopi luwak sangat dominan nyata terhadap kualitas dan kuantitas kopi luwak yang dihasilkan. Kualitas dan citarasa kopi yang didapatkan dari usia luwak yang bertolak belakang terjadi sebab kandungan enzim dan bakteri fermentator dalam sistem pencernaan luwak yang bertolak belakang pula. Semakin tua, luwak bakal menghasilkan kopi luwak dengan bobot dan citarasa yang semakin baik.

3. Cara Pengolahan

Cara pengolahan biji kopi luwak menjadi bubuk juga dominan terhadap citarasa kopi luwak yang dihasilkan. Penyucian biji kopi dari tinja luwak yang tidak bersih, penjemuran yang terlampau lama, penyangraian, serta penggilingan yang tidak cocok standar sedikit tidak sedikit akan mengakibatkan citarasa kopi luwak tidak cukup sempurna.

4. Lama Penyimpanan

Kopi luwak yang ditabung terlalu lama seringkali mempunyai citarasa yang tidak cukup sempurna lagipula bila kemasan yang dipakai dalam penyimpanan tidak kedap udara. Kopi luwak usahakan dikemas dalam wadah aluminium foil yang kedap udara supaya aromanya tetap utuh dan rasanya tidak menghambar.

5. Teknik Penyajian

Teknik penyajian kopi luwak menjadi hal penentu terakhir bagaimana citarasa kopi luwak yang akan anda nikmati. Penyeduhan kopi luwak secara signifikan cukup bertolak belakang dengan teknik penyeduhan kopi tubruk atau kopi jenis lainnya. untuk mengetahui bagaimana teknik menyajikan kopi luwak yang benar, silakan kunjungi artikel saya berikutnya.

Dari kelima urusan yang memprovokasi citarasa kopi luwak di atas, saya juga akhirnya menyadari andai mungkin saja teman-teman saya tersebut bisa berpikir jika kopi luwak tidak istimeswa sebab mereka mengkonsumsi kopi luwak kualitas standar yang diciptakan dengan alat, bahan baku, dan teknik pembuatan yang tidak cocok prosedur.
HAL - HAL YANG MEMPENGARUHI CITA RASA KOPI LUWAK HAL - HAL YANG MEMPENGARUHI CITA RASA KOPI LUWAK Reviewed by Unknown on January 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.