DOMINO ONLINE

PANDANGAN PENGANUT BUMI DATAR UNTUK ALAM SEMESTA


JELAJAH TERKINI - Para penganut teori flat earth percaya bahwa Bumi berbentuk datar. Bagaimana mereka melihat planet lain?

Robbie Davidson, salah satu petinggi dari Flat Earh International Conference yang digelar akhir November lalu, angkat suara mengenai pendapatnya terhadap bentuk planet-planet yang ada di sistem tata surya

"Saya percaya mereka benar-benar ada, namun saya melihat mereka hanya sebagai cahaya di langit. Mereka mirip seperti Bintang, bukan planet yang memiliki daratan," ujarnya, seperti dikutip detikINET dari Newsweek, Kamis (21/12/2017).

Ungkapan dari pria yang sudah lebih dari dua tahun menjadi penganut teori flat earth ini seakan membangkitkan kembali pemahaman kuno mengenai planet sebagai bintang pengembara.

Teori itu sebenarnya sudah dipatahkan kebenarannya oleh Nicolaus Copernicus pada 1543.

Pernyataannya tersebut diperkuat oleh Pete Svarrior, pemegang akun media sosial untuk Flat Earth Society. Dia mengatakan bahwa komunitas flat earth menganut teori heliosentris kuno terhadap sistem tata surya.

Lagi-lagi, teori ini juga telah dipatahkan Copernicus. Ahli matematika era Renaissance tersebut mengemukakan teori yang dikenal dengan Copernican Revolution, 474 tahun yang lalu.

Namun komunitas flat earth masih punya jawaban lain. Robbie mengatakan bahwa Matahari berbeda dengan Bintang yang lain, karena objek tersebut tidak berkedip.

Padahal, pada kenyataannya memang tak ada satu pun Bintang yang berkelap-kelip. Persepsi tersebut terjadi karena adanya atmosfer yang menghambat laju cahaya yang ditimbulkan oleh objek tersebut.

"Saya tidak mengatakan bahwa semuanya (objek luar angkasa) berbentuk datar. Saya bahkan tidak menganggap hal tersebut penting. Saya hanya tidak percaya bahwa kita berada di sebuah planet yang berbentuk bulat," tutur Robbie.

Baca Juga : Langit Adalah Kubah kaca Raksasa

Dia berpendapat, alam semesta tidak sebesar seperti yang dipikirkan para ilmuwan. "Saya pikir semua planet relatif lebih dekat satu sama lain, juga dengan bintangnya," katanya.

Terkait dengan exoplanet yang tengah menjadi perbincangan hangat beberapa bulan terakhir, Robbie justru bersikap skeptis terhadap planet-planet di luar tata surya tersebut.

"Tidak akan ada yang percaya bahwa terdapat triliunan planet yang mengorbit bintang-bintang di alam semesta ini," ujar Robbie.

Perkataannya seakan menjadi anti-tesis terhadap temuan lewat misi Kepler dan K2 oleh NASA yang telah berhasil memastikan keberadaan lebih dari 2 ribu exoplanet, walaupun memang tidak sampai triliunan.
PANDANGAN PENGANUT BUMI DATAR UNTUK ALAM SEMESTA PANDANGAN PENGANUT BUMI DATAR UNTUK ALAM SEMESTA Reviewed by Unknown on December 23, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.