DOMINO ONLINE

ASAL MULA ADANYA SETAN BERNAMA KUNTILANAK


JELAJAH TERKINI - Kuntilanak adalah salah satu setan yang cukup lama menjadi momok menakutkan masyarakat Indonesia. Dari anak kecil, sampai orang tua pastinya tahu setan Kuntilanak yang berambut panjang dan berjubah putih ini.

Tapi, benarkah setan Kuntilanak itu nyata? Atau hanya sekedar hoax yang melegenda? Nah disini, gue bakal menceritakan bagaimana asal usul dari Kuntilanak.

Sebagaimana yang kita semua tau, sosok makhluk halus berwujud wanita yang kerap digambarkan dengan mengenakan jubah putih dan rambut panjang ini merupakan sosok setan misterius. 

Indonesia memang telah lama mengenal sosok Kuntilanak. Bahkan hampir diseluruh penjuru tanah air, setan yang menyerupai seorang wanita ini kerap menunjukkan penampakannya. Hanya saja di beberapa daerah nama atau sebutan untuk sosok hantu tersebut memang berbeda-beda.

Menurut beberapa kisah, Kuntilanak adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan, namun anak tersebut belum sempat lahir. 

Nama Kuntilanak sendiri berasal dari kata "puntianak" yang merupakan singkatan dari "perempuan mati beranak". Setan Kuntilanak sejak dahulu juga telah menjadi mitos yang umum di Malaysia setelah dibawa oleh imigran-imigran dari Indonesia. 

Ibukota Provinsi Kalimantan Barat juga dinamai Pontianak karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, selalu diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istananya.

Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas atas kematiannya. Kuntilanak sewaktu muncul biasanya ditandai dengan harum bunga kemboja. Konon, laki-laki yang tidak berhati-hati dan pikirannya kosong bisa diganggu bahkan dibunuh.

Nah, kira-kira seperti itulah sejarah atau asal usul dari setan Kuntilanak. Kalau kalian punya cerita lain versi, bisa share cerita kalian di kolom komentar. :D 

ASAL MULA ADANYA SETAN BERNAMA KUNTILANAK ASAL MULA ADANYA SETAN BERNAMA KUNTILANAK Reviewed by Unknown on December 06, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.